Google Doodle: Mark Twain`s Birthday


Hari ini tanggal 30 November 2011, saat ngeliat home Google ternyata ada Google Doodle lagi. Nah lo, siapa lagi yang ulang tahunnya diperingati oleh Google.

Mark Twain, nama yang mungkin ada yang pernah mendengarnya atau bahkan mengenalnya lewat karya-karyanya. Ya, Mark Twain dibuatkan Doodle-nya oleh Google untuk memperingati hari lahirnya yang jatuh hari ini. Sempat bingung saat aku melihat Doodle yang dibuat oleh Google, ternyata itu terinspirasi dari karyanya Mark Twain. Lalu siapa Mark Twain itu?

Sebenarnya Mark Twain bukanlah nama sebenarnya. Lalu siapa nama sebenarnya Mark Twain? Samuel Langhorne Clemens adalah nama sebenarnya, lahir pada 30 November 1835 di Hannibal, Missouri, Amerika Serikat. Mark Twain itu sendiri adalah nama pena dia sebagai seorang penulis, novelis, pengajar dan pelawak. Mark Twain dikenal sebagai "Bapak Sastra dari Amerika" dan "Pelawak Terbesar Amerika pada masanya".

Twain lahir pada saat komet Halley berkunjung ke Bumi dan meninggal dunia pada 21 April 1910 yang sehari setelah komet Halley berkunjung lagi ke Bumi.

Samuel Langhorne Clemens (lahir 30 November 1835 – meninggal 21 April 1910 pada umur 74 tahun), lebih dikenal dengan nama pena-nya Mark Twain, adalah seorang novelis, penulis, dan pengajar berkebangsaan Amerika Serikat. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah The Adventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyer, The Prince and the Pauper, A Connecticut Yankee in King Arthur's Court serta satu buku non fiksinya, Life on the Mississippi.

Mark Twain dilahirkan pada tahun 1835. Dia dibesarkan di Hannibal, Missouri, sebuah kota kecil dipinggir sungai Mississippi di Amerika Serikat. ketika remaja dia sangat tertarik kepada kapal-kapal uap yang berlalu-lalang di sungai Amerika Serikat yang besar itu. Ketika berusia sangat muda, Twain sudah bekerja sebagai seorang juru cetak di sebuah percetakan, dan kadang-kadang sebagai seorang penulis surat kabar. Sebagai pemuda berumur belasan tahun, dia menjadi nakhoda kapal sungai dan selama empat tahun berlayar di sungai Mississippi. Pada waktu Perang Saudara Amerika pecah pada tahun 1860, Mark pindah ke daerah barat yakni di California. Ketika itulah dia mengubah namanya menjadi "Mark Twain" yang berarti "dua depa dalamnya". Itu adalah istilah yang dipakai oleh awak kapal sungai bilamana mereka mengukur dalamnya air.

Novel-novel Mark Twain yang paling terkenal adalah The Adventures of Tom Sawyer, dan The Adventures of Huckleberry Finn.

Kedua buku ini masing-masing menceritakan anak-anak berusia belasan tahun yang sedang tumbuh. Pengalaman-pengalaman mereka yang mengasyikkan itu menggambarkan kehidupan di tengah abad kesembilanbelas, dan menceritakan tentang pertentangan-pertentanganyang timbul antara orang muda dan orang dewasa. Seperti kebanyakan dari penulisan Twain, buku-buku ini penuh humor pula. Semakin umurnya bertambah, penulisannya semakin serius. Mark Twain meninggal pada tahun 1910.

Kata kebajikan dikenang Mark Twain:

Kebaikan adalah hal yang bisa didengar orang tuli dan bisa dilihat oleh orang buta.
Home Google, Google Doodle Mark Twain`s Birthday
Pencarian di Google tentang Mark Twain
Novel Terkenal
Karya novel dari Mark Twain sendiri yang menjadi terkenal adalah The Adventures of Tom Sawyer dan Adventures of Huckleberry Finn. The Adventures of Tom Sawyer, novel yang dirilis taun 1876 menceritakan seorang pemuda yang bernama Tom Sawyer, dengan mengambil latar kota kelahirannya sendiri Hannibal, Missouri dengan menjadi nama kota lain yaitu St. Petersburg. Sedangkan, novel judul Adventures of Huckleberry Finn merupakan sekuel dari novel The Adventures of Tom Sawyer. Novel yang dirilis pada tahun 1885 ini mengisahkan Huckleberry Finn teman dari Tom Sawyer. Novel Adventures of Huckleberry Finn juga sering disebut The Great American Novel.

Disinilah Google terinspirasi membuat Doodle untuk Mark Twain yaitu dua tokoh terkenal dari novelnya dibuat menjadi Doodle hari ini.

Kata Bijak dari Mark Twain
Mark Twain memberikan kata-kata bijak yang patut kita renungi bersama, seperti:
"Bekerjalah bagaikan tak butuh uang. Mencintailah bagaikan tak pernah disakiti. Menarilah bagaikan tak seorang pun sedang menonton"

"Kebaikan adalah hal yang bisa didengar orang tuli dan bisa dilihat oleh orang buta"

Masih banyak lagi kata-kata bijak, kalian bisa menjadikannya bahan untuk motivasi, cek aja disini : http://www.brainyquote.com/quotes/authors/m/mark_twain.html
http://en.wikiquote.org/wiki/Mark_Twain

Mark Twain (Sumber:Wikipedia)

Mark Twain (Sumber:Wikipedia)

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Twain
http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Twain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More